Project Base Learning (PBL)
Matakuliah project di setiap semester menerapkan Pendekatan pengajaran PBL
- Menggunakan permasalahan ‘real world’
- Mengarahkan pembelajar untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran
- Pengajar berlaku sebagai fasilitator untuk mengarahkan kemampuan pembelajar dalam memecahkan masalahnya
- Pembelajar mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan individu secara maksimal melalui diskusi untuk memecahkan permasalahan
Profil Mata Kuliah Project
Mata kuliah
|
Fokus pembelajaran
|
Contoh permasalahan
|
Project 1
|
Analisa dan perancangan solusi untuk pengolahan data menggunakan tool perkantoran
|
Pengolahan data lowongan pekerjaan
|
Reporting dan Testing
|
Pengolahan data kuesioner
|
|
Penerapan matematika dalam pemeriksaan ujian pilihan berganda
|
||
Analisa perilaku paket aplikasi sederhana
|
||
Project 2
|
Pemrograman terstruktur dalam pemecahan masalah komputasi
|
Pembuatan paket aplikasi pengolah data
|
Reporting dan Testing
|
Pembuatan aplikasi Game sederhana dengan struktur data yang relevan
|
|
Project 3
|
Implementasi RDBMS dalam sistem Informasi
|
Penerapan struktur data tree dalam huffman code
|
Perancangan model data
|
Pembuatan sistem informasi dengan melibatkan 6-10 schema relasi
|
|
Standar dokumentasi perangkat lunak
|
||
Project 4
|
Pemodelan dan pengembangan perangkat lunak berbasis object
|
Pembuatan paket aplikasi dengan jumlah LOC antara 5,000 – 10,000
|
Penerapan Metoda pengujian perangkat lunak
|
Kustomisasi perangkat lunak dengan menerapkan framework
|
|
Project 5
|
Analisa dan pemodelan solusi hasil kerja praktek di Industri
|
|
Project 6
|
Analisa dan pemodelan solusi dengan menerapkan sekumpulan pengetahuan dalam Tugas Akhir Siswa
|
|
Standar dokumentasi perangkat Lunak
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar